Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Juli, KRL Ekonomi Dihapus

Kompas.com - 22/03/2013, 10:51 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mulai Juli 2013, semua rangkaian kereta api listrik (KRL) ekonomi yang melintasi wilayah Jabodetabek akan dihapus. Nantinya KRL ekonomi akan diganti dengan KRL ber-AC yang pengoperasiannya dilakukan oleh PT KAI Commuter Jabodetabek.

Kepala Humas Daerah Operasi 1 Jakarta Agus Sutijono mengatakan, semua rangkaian KRL ekonomi yang beroperasi akan dihapus paling lambat pada Juli mendatang.

Sebelum penghapusan KRL Bogor, tahap awal pihaknya akan menghapus terlebih dahulu KRL ekonomi untuk lintas Bekasi dan Serpong pada April 2013 mendatang. Penghapusan selanjutnya pada KRL Bogor secara bertahap sampai Juli 2013.

Menurut Agus, penggantian KRL ekonomi ke AC tidak akan mengganggu jadwal perjalanan. KRL ekonomi tidak akan hilang karena akan langsung diganti dengan KRL commuterline.

Salah satu alasan penarikan KRL ekonomi adalah usia kereta yang sudah tua. KRL ekonomi yang rata-rata dibuat pada tahun 1974 ini memiliki kendala dalam perawatan kereta. Salah satunya suku cadang yang sudah langka di pasaran, bahkan tidak diproduksi lagi.

"Kita sering mengalami kendala dalam memperbaiki kereta ini, spare part yang sudah tidak diproduksi lagi sehingga kami pun lakukan sistem kanibal dengan part kereta yang sudah tidak beroperasi lagi," ujar Agus saat ditemui di ruang kerjanya di Stasiun Kota, Jumat (22/3/2013).

KRL ekonomi itu pun kerap kali mogok di tengah perlintasan rel sehingga kerap mengganggu seluruh perjalanan KRL di lintasan Jabodetabek. Dari catatan sepanjang tahun 2012, terdapat 1.228 perjalanan KRL ekonomi yang mengalami gangguan. Hal itu menyebabkan 4.217 perjalanan KRL AC ataupun KRL commuterline menjadi terganggu hingga akhir tahun 2012.

"Penyebab kereta mogok itu bervariasi, mulai dari motor penggerak serta mesin kereta yang mendadak mati. Ya namanya juga kereta udah berusia uzur, memang sudah seharusnya diganti," tambahnya.

Selain itu, jumlah penumpang yang menggunakan KRL ekonomi sejak tahun 2010 sudah mengalami penurunan. Terhitung mulai dari tahun 2009, penumpang yang menggunakan KRL ekonomi sebanyak 86,6 juta penumpang. Lalu tahun 2010 turun menjadi 69,3 juta penumpang, kemudian tahun 2011 kembali turun menjadi 56 juta, hingga pada tahun 2012 pengguna KRL ekonomi menurun menjadi 46,5 juta penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com