Kompas.com - 22/03/2013, 13:33 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com -   Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) mengakui pencurian data nasabah kartu kredit dan kartu debit bisa saja terjadi. Hal ini menanggapi dugaan kasus pencurian data kartu kredit dan kartu debit di gerai Body Shop Indonesia.

General Manager Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) Steve Marta mengatakan pencurian data nasabah kartu kredit kemungkinan terjadi ketika kartu konsumen digesek dua kali (double swipe) saat melakukan transaksi.

"Pencurian data kartu tersebut bisa terjadi jika data kartu digesek di kasir komputer milik merchant setelah transaksi di Electronic Data Capture (EDC) bank," kata Steve kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (22/3/2013).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, AKKI akan terus bekerja sama dengan segala pihak terkait, termasuk penyedia kartu pembayaran untuk memastikan penegakkan terhadap regulasi pelarangan double swipe. Sehingga seluruh pemegang kebijakan dapat mencegah risiko-risiko terjadinya kasus seperti ini lagi.

"Saat ini kami tidak dapat memberikan komentar hingga proses investigasi rampung," tambahnya.

Baca juga:
Bank Mandiri Teliti Pencurian Data Nasabah Kartu Kredit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.