Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Yakin Penumpang di Atap Kereta Akan Hilang

Kompas.com - 24/03/2013, 15:34 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yakin suatu saat nanti penumpang KRL yang naik di atap kereta akan hilang dengan sendirinya. Menurut Jokowi, penumpang naik ke atap karena penuhnya gerbong di bawah. Jika nanti kapasitas gerbong tidak sepadat sekarang, ia yakin para penumpang atap tak akan ada lagi.

"Kalau nanti ada tambahan kereta lagi, (penumpang di atap KRL) akan hilang dengan sendirinya," kata Jokowi di Kampung Karang Kendal, Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (24/3/2013).

Sebelumnya, PT KAI telah melakukan berbagai upaya untuk menghalau para penumpang atap. Misalnya, sejumlah stasiun dipasangi pagar berduri di sisi atas peron, penyemprotan tinta, dan pintu koboi. Namun, segala upaya itu tak mampu menghalau penumpang di atas atap.

PT KAI akan menambah 180 gerbong kereta commuter line pada Juli mendatang. Kereta-kereta yang dibeli dari Jepang ini bertujuan untuk menambah slot perjalanan terkait dengan diberlakukannya Perubahan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) pada 1 April 2013. PT KAI membeli rangkaian kereta bekas dari Jepang yang akan datang pada Juli mendatang.

Dengan bertambahnya 180 gerbong atau 18 rangkaian gerbong kereta, slot yang tersedia nantinya akan bertambah menjadi 20 persen. Namun, penambahan itu akan mulai bergulir pada Juli mendatang setelah kereta yang dibeli dari Jepang sudah tiba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com