Kompas.com - 26/03/2013, 00:02 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemprov DKI Jakarta diharap dapat menjadi contoh atau barometer untuk provinsi lain terkait penyerahan laporan keuangan. Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi DKI Jakarta Blucer W Rajagukguk berharap hal tersebut terwujud bukan sekadar wacana.

"Mudah-mudahan Jakarta betul-betul jadi barometer, bukan sekadar wacana. Sekarang sudah enggak musim wacana, lagi pula DKI kan sudah membuka (anggarannya) secara online," kata Blucer di Balaikota DKI Jakarta, Senin (25/3/2013).

Blucer mengatakan, Pemprov DKI akan menyampaikan laporan keuangan 2012 pada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tepat waktu. Jika sesuai rencana, kata dia, laporan keuangan tersebut akan diserahkan pada 28 Maret mendatang, terhitung tiga bulan setelah berakhirnya tahun anggaran 2012.

"Bahkan lebih cepat tiga hari," ujar dia.

Ia menjelaskan, audit laporan keuangan yang akan dilakukan nantinya akan melihat data dan bukti lebih lanjut. Setelah itu, barulah BPK akan menyampaikan hasilnya.

Berdasarkan proses audit laporan sebelumnya, BPK memerlukan waktu sekitar dua bulan untuk menyelesaikan audit. Blucer berjanji, paling lambat 31 Mei 2013 hasil audit sudah dapat disampaikan secara transparan.

Secara terpisah, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo optimistis dapat menyerahkan laporan keuangan pada BPK dengan tepat waktu. Mengenai hasil auditnya, ia serahkan sepenuhnya pada BPK.

"Tanggal 28 (Maret) rampunglah," kata Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.