Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghuni Waduk Pluit Mulai Pindah ke Rusun

Kompas.com - 27/03/2013, 11:02 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Para penghuni area genangan Waduk Pluit di Kampung Kebon Pisang, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, mulai meninggalkan tempat hunian mereka, Rabu (27/3/2013).

Mereka pindah ke Rumah Susun Buddha Tzu Chi di Cengkareng. Wakil Camat Penjaringan, Martua Sitorus mengatakan, ada sekitar 80 keluarga yang pindah ke rusun kali ini. "Unit rusun yang tersedia ada 100 unit. Jadi semua warga tertampung," ujarnya.

Sejumlah warga membongkar sendiri huniannya yang sebagian besar dibangun dengan papan dan kayu. Beberapa personel sementara Satuan Polisi Pamong Praja membantu membongkar hunian dan mengangkut perabot menuju ke rusun.

Dua bus penumpang dan sedikitnya tiga truk disiagakan untuk membantu proses pemindahan warga. Ini merupakan rangkaian pengosongan area genangan Waduk Pluit dan saluran-salauran air pascabanjir Januari dan Februari 2013 lalu.

Sebelumnya, ratusan hunian dan bangunan di bantaran Kali Pakin, Kali Jelakeng, dan Kali Opak telah dirobohkan. Kini lahan-lahan bekas hunian dan bangunan liar itu telah menjadi jalan inspeksi yang dibangun untuk memudahkan perawatan kali.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com