Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Bangun 200 "Tower" Rusun Setiap Tahun

Kompas.com - 27/03/2013, 11:05 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun 200 tower rumah susun (rusun) untuk warga ber-KTP DKI di setiap tahunnya. Pembangunannya bakal dilakukan mulai tahun ini disokong dana APBD.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjelaskan, alasan pembangunan rusun secara besar-besaran dilandasi dengan semangat penataan kota dan menjamin hunian layak serta terjangkau untuk warga Ibu Kota. Untuk itu, dia meminta jajarannya untuk bergerak cepat memetakan titik lokasi di mana ratusan tower itu akan dibangun.

"Kalau mau menata kota secara total, saat ini masih kurang banyak sekali sehingga harus dihitung kebutuhan, buat yang banyak sekalian, jadi ngatur transportasi dan tata rungnya lebih mudah," kata Jokowi, di Balaikota Jakarta, Rabu (27/3/2013).

Menurut Jokowi, cara paling efektif menata kota adalah memindahkan kelompok masyarakat ke rusun dalam jumlah besar. Sebab, hasilnya tak akan tampak jika penataan hanya dilakukan kepada masyarakat dalam jumlah yang kecil atau satuan.

Saat ini, kata dia, rusun percontohan telah ada di Marunda. Di lokasi itu, nantinya akan diperbanyak tower rusun dan sekaligus dibangun kawasan industri bersama PT KBN (Kawasan Berikat Nusantara). Kawasan rusun Marunda yang mencapai sekitar 20 hektar akan ditambah menjadi 100 hektar. Mengenai anggaran yang diperlukan, dia belum bisa membeberkannya.

"Kami meniru negara lain yang sukses menata kota dengan rusun, enggak bisa satu-satu memang. Kami tata juga lingkungannya, penghijauan, ada tamannya, dan lain-lain," ujarnya.

Berita terkait, baca :

GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com