Kompas.com - 29/03/2013, 09:58 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Jakarta International (JI) Expo kembali menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) setelah lima tahun tak menjalankan RUPS. Dalam rapat tersebut diputuskan bahwa PT JI Expo membayarkan deviden (keuntungan) kepada Pemprov DKI sebesar Rp 1,7 miliar dan memberikan komplimen kepada Pemprov DKI dalam pelaksanaan Jakarta Fair 2013.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang mengikuti RUPS tersebut mengatakan, telah disepakati adanya pembagian deviden kepada semua pemegang saham. Deviden yang dibagikan mencapai Rp 10 miliar akan dibagikan ke Pemprov DKI yang memiliki saham sebesar 13,1 persen. Jadi, total deviden yang dibayarkan PT JI Expo kepada Pemprov DKI sebesar Rp 1,7 miliar.

"Jadi setelah selama bertahun-tahun tidak ada, akhirnya dibagi juga devidennya. DKI hanya kebagian Rp 1,7 miliar. Diharapkan dalam satu bulan ini, sudah langsung cair dan dapat dimasukkan ke kas daerah," kata Basuki di Jakarta, Kamis (28/3/2013).

Oleh karena PT JI Expo yang merupakan perusahaan keluarga, Pemprov DKI tidak memiliki niat untuk menambah besaran saham di perusahaan milik Murdaya W Poo ini. Saham Pemprov DKI akan tetap sama, yaitu 13,1 persen.

Sementara itu, Vice President Marketing PT JI Expo Ralph Scheuneman menjelaskan, dalam RUPS tahunan ini diusulkan pembagian deviden kepada para pemegang saham. Dalam pertemuan itu juga diusulkan sebagian keuntungan bisnis untuk tidak dibagikan dalam bentuk deviden, tetapi diinvestasikan kembali.

"Karena perusahaan masih membutuhkan dana besar untuk pengembangan bisnisnya," kata Ralph.

PT JI Expo merupakan perusahaan yang mengelola arena Pekan Raya Jakarta atau yang lebih dikenal dengan Jakarta Fair sejak tahun 2003. Perusahaan ini mengelola arena PRJ Kemayoran setelah sebelumnya memenangkan pelelangan umum yang dilakukan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat dan Pengadilan Niaga Jakarta Utara. Pengelola terdahulu, PT Jakarta International Trade Festival (JITF), dinyatakan pailit oleh pengadilan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berita terkait, baca:

GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.