Hati-hati, Penipuan Berkedok Operator Seluler

Kompas.com - 02/04/2013, 08:32 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com — Nama perusahaan operator seluler kerap dimanfaatkan penipu cyber untuk mendapat korban yang berujung pada penipuan di dunia maya.

Lembaga keamanan digital Vaksincom, mencatat, ada beberapa modus yang sering digunakan penipu cyber dalam memanfaatkan nama operator seluler. Pertama, modus pengumuman pemenang undian, di mana korban diharuskan melakukan transfer dana pajak undian.

Menurut Alfons Tanujaya dari Vaksincom, kebijakan bahwa pajak undian ditanggung penyelenggara rupanya belum diketahui oleh masyarakat luas.

"Sebenarnya, pemerintah dan penyelenggara undian pada umumnya sudah menerapkan pajak undian ditanggung penyelenggara sehingga mempersempit ruang gerak penipu," kata Alfons dalam siaran pers yang diterima KompasTekno, Senin (1/4/2013).

Modus kedua, memanfaatkan celah biaya balik nama (BBN) kendaraan. Korban diberi tahu bahwa ia adalah pemenang undian berupa mobil, lalu diminta segera mentransferkan biaya balik nama kendaraan guna mendapatkan kendaraan tersebut.

Dalam penipuan berkedok operator seluler, menurut Alfons, ada dua perusahaan besar yang menjadi favorit penipu, yakni Telkomsel dan Indosat. Bahkan, penipu cyber membuat situs web khusus yang terlihat seperti situs resmi perusahaan operator seluler guna meyakinkan calon korban.

Situs gadungan yang digunakan penipu pada umumnya memakai platform blog gratis, antara lain Wordpress dan Blogspot Celakanya, dua platform blog yang populer ini sering dipakai pihak resmi operator seluler, termasuk di daerah, sebagai sarana menyampaikan informasi jasa dan produk.

Alfons berpendapat, apa yang dilakukan operator seluler ini berpotensi menimbulkan kebingungan di mata konsumen. "Tentunya hal ini bisa menjadi pelajaran bagi korporat untuk tidak sembarangan menggunakan situs gratisan yang bisa diakses oleh siapa pun, termasuk penipu, sebagai perwakilan situsnya," tegas Alfons.

Beberapa situs web yang menurut Vaksincom digunakan oleh perwakilan resmi atau tidak resmi dari operator seluler adalah sebagai berikut.

1. Indosat Putusibau

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X