Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Pimpin Kesepakatan Koordinasi Satpol PP

Kompas.com - 03/04/2013, 11:18 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Rabu (3/4/2013) pagi, memimpin penandatanganan kesepakatan komitmen bersama meningkatkan ketertiban umum antara Satpol PP dan tujuh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI terkait. Ketujuh dinas tersebut adalah Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kebersihan, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Perdagangan (KUMKMP), Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B), Dinas Sosial, serta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) DKI.

Pelaksana Teknis (Plt) Satpol PP DKI Sylviana Murni mengatakan, tujuan komitmen koordinasi itu merupakan suatu bentuk sinergi antar-SKPD dalam melaksanakan ketertiban umum. "Pernyataan ini dilakukan karena kami sama-sama menyadari pelaksanaan ketertiban umum di beberapa sarana dan prasarana umum serta sosial belum terpelihara sebagaimana yang diharapkan dan permasalahan itu memang harus ditanggulangi bersama, tidak bisa oleh Satpol PP sendirian," kata Sylviana di Balaikota Jakarta, Rabu.

Sylvi kemudian memaparkan berbagai jenis pernyataan komitmen bersama itu, antara lain ketertiban jalan dan angkutan jalan guna mengurai kemacetan dalam berlalu lintas; ketertiban sungai, saluran, dan kolam guna menormalisasi sungai dan kolam yang sebelumnya belum berfungsi secara optimal; dan ketertiban mengenai larangan membuang dan menumpuk sampah di jalan, jalur hijau, taman, sungai, dan tempat-tempat lain yang dapat merusak keindahan dan kebersihan lingkungan.

Selain itu, ada pula ketertiban sosial dalam menertibkan penyandang masalah ketertiban sosial (PMKS); ketertiban bangunan, ketertiban tempat usaha yang dalam hal ini penataan pedagang kaki lima (PKL). Lebih lanjut, Sylviana menjelaskan, Satpol PP juga akan membantu SKPD lainnya apabila memang personel Satpol PP diperlukan.

"Pokoknya Satpol PP bersama dengan 6.170 anggotanya siap mewujudkan 'Jakarta Baru yang Tenteram dan Tertib' serta bersinergi dengan SKPD terkait," ujar Sylvi.

Di dalam acara penandatanganan komitmen bersama itu turut hadir pula Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono, Kepala Dinas PU DKI Manggas Rudy Siahaan, Kepala Dinas Kebersihan DKI Unu Nurdin, Kepala Dinas KUMKMP DKI Ratnaningsih, Kepala Dinas Damkar PB Subejo, Kepala Dinas P2B DKI Putu Indiana, Kepala Dinas Sosial DKI Kian Kelana, dan wali kota lima wilayah DKI.

Berita terkait, baca :

GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com