Kompas.com - 04/04/2013, 11:25 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Kali Sentiong di Galur, Tanahtinggi, Joharbaru, Jakarta Pusat, dikeruk. Pengerukan ini dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya banjir yang kerap kali terjadi.

Kasi Pemeliharaan Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Pusat Juaini Yusuf mengatakan, pengerukan Kali Sentiong dilakukan atas instruksi langsung dari Dinas PU yang kemudian diserahkan kepada Sudin PU Tata Air Jakarta Pusat sebagai program normalisasi kali di DKI Jakarta, khususnya wilayah Jakarta Pusat.

"Ini sebagai tindak lanjut dari permintaan warga ke Gubernur DKI Jakarta. Kita lakukan pengerukan yang juga merupakan bagian dari tugas pokok dan fungsi PU Tata Air Jakarta Pusat," ujarnya, Kamis (4/4/2013).

Pengerukan di kali Sentiong ini sudah dilaksanakan sejak Kamis, 28 Maret 2013. Pengerukan akan dilakukan sepanjang 2,7 kilometer serta saluran PHB di Jalan Kesehatan dengan panjang 900 meter.

"Jika tidak, halangan pengerjaan pengerukan Kali Sentiong kita perkirakan selama 30 hari ke depan," kata Juaini.

Juaini menuturkan, selain Kali Sentiong, pihaknya juga merencanakan pengerukan di Kali Gresik yang terletak di Jalan Sumenep dan Jalan Surabaya serta anak Kali Ciliwung yang berada di Jalan Abdul Muis. Pengerukan tersebut diharapkan mampu menanggulangi banjir yang kerap kali menerjang Ibu Kota.

"Mudah-mudahan dengan pengerukan ini banjir genangan yang selama ini terjadi dapat ditanggulangi," kata Juaini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.