Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Bank Dunia Ajarkan Kita Jadi Komunis

Kompas.com - 04/04/2013, 15:12 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pinjaman dari Bank Dunia terkait proyek pengerukan 13 sungai atau yang lebih dikenal dengan Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI) terancam dibatalkan. Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama persyaratan yang telah ditetapkan Bank Dunia sangat mendikte Pemprov DKI.

"Kenapa Bank Dunia mendikte kita untuk mengganti rugi warga bantaran kali dengan uang? Berarti mereka mengajarkan untuk menjadi komunis namanya," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Kamis (4/4/2013).

Menurut Basuki, Bank Dunia memerintahkan Pemprov DKI harus membayar ganti rugi berupa uang kepada warga di bantaran sungai selama pengerukan. Basuki tak sepakat dengan cara Bank Dunia itu. Ia hanya bersedia untuk menyediakan rumah susun yang layak bagi warga bantaran sungai.

"Itu baru namanya Pancasilais. Kalo misalnya kita usir warga miskin, dan kita bangun rusun untuk warga yang kaya saja, berarti namanya kapitalis," ujar pria yang akrab disapa Ahok itu.

Saat ini, kata dia, Pemprov DKI masih menunggu jawaban Bank Dunia, apakah mereka bersedia untuk membantu dan menyelesaikan pengerjaan selama dua tahun. Apabila persyaratan itu tidak dapat dipenuhi Bank Dunia, maka ia berencana untuk memasukkan JEDI dalam APBD Perubahan DKI 2013. Selain itu, proyek JEDI juga direncanakan menggunakan dana pusat, APBN.

"Bayangin ya tahun 2008 mulai, tahun 2013 sudah lima tahun, tapi belum tanda tangan. Sudah mau tanda tangan pun, lima tahun baru selesai dia kerjakan. Apa tuh maksudnya? Bisa-bisa sungai kita terendap lumpur lagi dan bisa jadi kita habiskan lima tahun Rp 1,2 triliun, tapi tidak ada manfaat yang banyak," kata mantan Bupati Belitung Timur itu.

Sekadar informasi, untuk menanggulangi banjir Ibu Kota, mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo telah menggagas proyek JEDI sejak 2008. Realisasi proyek ini dilakukan secara bertahap dan dibagi dalam tujuh paket pengerjaan. Dari tujuh paket itu, tiga paket dikerjakan Pemprov DKI, dua oleh Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), dan dua lainnya oleh Cipta Karya melalui bantuan dana Bank Dunia.

Pengajuan pinjaman ke Bank Dunia sebenarnya sudah sejak tahun 2008. Namun, karena hambatan birokrasi, realisasinya baru terjadi tahun 2012 lalu. Tender proyek JEDI pun telah berjalan dengan melibatkan 14 perusahaan, termasuk dari Korea, China, India, dan Taiwan. Jika selesai, proyek ini diprediksi dapat mengurangi banjir sekitar 30 persen titik banjir Jakarta.

Secara keseluruhan, proyek JEDI meliputi 57 kelurahan di 4 wilayah DKI Jakarta, yakni di Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur. Proyek JEDI ini diharapkan mampu membebaskan permukiman warga dari banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com