Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panas Terik, Kedoya Selatan Malah Kebanjiran

Kompas.com - 05/04/2013, 14:08 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga RW 05 Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, mengalami banjir setinggi 1,2 meter. Banjir tersebut merupakan banjir kiriman dari Sungai Pesanggrahan yang masuk ke rumah warga sekitar pukul 03.00 WIB.

"Banjir lagi nih satu RW. Dari pagi airnya enggak surut-surut," kata Sumardi Ramelan, Ketua RW 05 Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (5/4/2013).

Sumardi mengatakan, sebanyak 14 RT di RW 05 tergenang oleh air. Ketinggian air mulai 30 cm sampai 1,2 meter di permukiman warga. Kawasan yang paling parah mengalami banjir berada di RT 13 karena dataran permukaan rumah yang rendah.

Menurut Sumardi, kemarin hujan memang mengguyur wilayah Kedoya Selatan sampai malam hari. Namun, mereka tidak mengira akan ada banjir kiriman melalui Sungai Pesanggrahan. Sekitar pukul 03.00 WIB, tiba-tiba air masuk ke rumah warga. Ketika rumah warga mulai tergenang air, Sumardi segera melapor kepada camat dan lurah.

Sampai siang ini, permukiman warga belum juga surut. Mengenai tempat pengungsian, kata Sumardi, warga yang rumahnya banjir mayoritas memiliki rumah dua lantai. Ketika banjir datang, biasanya mereka mengungsi ke lantai dua rumah masing-masing. Selain itu, kata dia, warga juga ada yang mengungsi ke rumah tetangga atau kerabat dekat yang tidak terkena banjir.

Masjid di sekitar lokasi banjir juga menjadi tempat pengungsian beberapa warga yang tinggal di RW 05 Kedoya Selatan. Wilayah RW 05 Kedoya Selatan memang menjadi tempat langganan banjir setiap tahunnya. Sebanyak 1.250 Kartu keluarga yang terdiri dari 5.250 orang tinggal di wilayah yang berada di sekitar sodetan Sungai Pesanggrahan.

Berita terkait, baca:

BANJIR RENDAM JAKARTA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com