Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kado yang Diminta Jokowi Saat HUT DKI

Kompas.com - 05/04/2013, 16:55 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengumpulkan sejumlah bawahan dan mitra kerja di ruang rapat pimpinan utama Gedung Balai Agung, Balaikota Jakarta, Jumat (5/4/2013) sore. Semua diundang Jokowi untuk menghadiri rapat koordinasi penanganan kebersihan dan keindahan prasarana jembatan, jalan layang, fly over, dan underpass dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke-486 Jakarta.

Hadir dalam rapat tersebut Kepala Bappeda DKI Sarwo Handayani, Kepala BPKD Endang Widjayanti, Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono, Kepala Dinas Pertamanan Widyo Dwiyono Budi, perwakilan Jasa Marga, Jakarta Propertindo, dan lainnya. Dalam rapat yang digelar sekitar 45 menit dan terbuka untuk media, Jokowi menyampaikan beberapa permintaannya sebagai bentuk kado pada HUT DKI pada 22 Juni 2013 mendatang.

"Saya hanya ingin hadiah ulang tahun ke-486 pada seluruh yang hadir di sini. Ini menjadi tanggung jawab Bapak-Ibu semua untuk bisa diselesaikan sebelum 22 Juni," kata Jokowi.

Secara tegas, mantan Wali Kota Surakarta ini menyampaikan pentingnya mempercantik suasana jalan Ibu Kota yang selama ini terkesan kumuh dan tak ramah. Sambil menunjukkan beberapa foto, Jokowi meminta semua yang hadir untuk bekerja keras mengecat tiang fly over, membersihkan papan iklan liar, penataan taman di jalan tol dan non-tol, serta menerjunkan aparat satpol PP untuk menjaga ketertiban di daerah rawan.

Dalam paparannya, Jokowi menampilkan foto fly over Tubagus Angke, fly over Cawang-Tanjung Priok, dan pembatas tol di Jagorawi. Ia juga membandingkan kondisi fly over di Singapura yang bersih dan tiangnya dipenuhi tanaman rambat.

"Kalau seperti ini semua (menunjukkan foto fly over di Jakarta), ya suram, masa depannya juga bisa suram. Saya minta hadiah ulang tahun semuanya dicat. Saya minta sebelum ulang tahun supaya kota ini terkesan lebih ramah," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com