Kompas.com - 06/04/2013, 15:06 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Kementerian Luar Negeri Kamboja mengatakan telah menyelamatkan 23 warganya dari perdagangan manusia. Upaya itu terjadi di wilayah perairan Mauritius, tulis AP pada Sabtu (6/4/2013).

Pihak Kamboja mengatakan, 23 warganya itu bekerja sebagai nelayan ilegal di kapal-kapal penangkap ikan Thailand. "Penyelamatan ini juga hasil kerja sama Kamboja dengan otoritas Mauritius," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Kamboja Koy Kuong.

Lebih lanjut, Koy Kuong mengatakan, Kamboja bekerja sama dengan Organisasi Migrasi Internasional untuk memulangkan para korban ke tanah air. "Rencananya, para korban perdagangan manusia itu akan dipulangkan ke Kamboja mulai minggu depan," katanya.

Berdasarkan catatan pihak Kamboja, perdagangan manusia di perairan kedua negara lebih banyak ditujukan bagi nelayan. Para korban mengalami tekanan psikis dan fisik. Pasalnya, selain acap tak dibayar, korban perdagangan manusia harus tinggal cukup lama di kapal penangkap ikan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.