Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank DKI Minta Tambahan Dana Rp 1 Triliun dari Pemprov

Kompas.com - 07/04/2013, 22:16 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini Bank DKI menargetkan belanja modal sebesar Rp 1,35 triliun. Dana sebesar Rp 450 miliar yang merupakan Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) dari APBD DKI 2013 akan segera dicairkan bulan ini. Untuk menutupi sisanya yang mencapai Rp 1 triliun, Bank DKI akan mengajukan PMP kembali pada APBD Perubahan (APBD-P) DKI 2013.

Direktur Utama Bank DKI Eko Budiwiyono mengatakan, opsi tersebut paling mungkin dilakukan daripada mencari alternatif pendanaan lain, misalnya dengan menerbitkan obligasi atau surat utang. "Kami berharap Pemprov DKI bisa memberi kami PMP lagi yang bisa dipenuhi oleh APBD-P 2013 sebesar Rp 950 sampai Rp 1 triliun," kata Ekosaat ditemui di HUT ke-52 Bank DKI di GOR Soemantri Brodjonegoro Kuningan, Jakarta, Minggu (7/4/2013).

Apabila opsi itu tidak diterima oleh Pemprov DKI maupun DPRD DKI, Bank DKI akan mencoba opsi lain dengan melepas sebagian saham ke publik. Namun, Eko optimistis akan memperoleh PMP kembali dari DKI. Hal itu dikarenakan Bank DKI merupakan BUMD DKI dan penyumbang terbesar pendapatan asli daerah (PAD) DKI, yaitu sebesar 40 persen. Apalagi, deviden yang dibagikan kepada Pemprov DKI tahun lalu mencapai 50 persen dari total laba Rp 307 miliar.

"Kalau bisa PMP, ya akan tetap mengambil opsi itu atau kemungkinan mengajukan izin go public atau bisa kombinasi dari keduanya," ujarnya.

Tahun ini Bank DKI membutuhkan alokasi modal yang cukup besar untuk menuju bank umum berskala nasional sekaligus melakukan ekspansi usaha dengan membuka jaringan kantor di lima wilayah di Indonesia. Selain membuka usaha di Ibu Kota dan Surakarta, Bank DKI juga segera membuka cabang pada April ini di Bandung. Adapun tiga cabang lain akan dibuka di Palembang, Pekanbaru, dan Makassar.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) DKI Jakarta Catur Laswanto mengatakan, Pemprov DKI sudah menganggarkan dana PMP sebesar Rp 450 miliar kepada BUMD sektor perbankan tersebut. Sementara itu, terkait permohonan PMP Rp 1 triliun pada APBD-P masih akan dikaji kembali oleh DKI. "Kalau yang Rp 450 miliar memang sudah dianggarkan dalam APBD 2013. Kalau mau diajukan lagi, ya nanti kami bahas," kata Catur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com