Kompas.com - 08/04/2013, 11:26 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi menyampaikan keluhan pengusaha ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Hal itu dilakukan agar perkembangan bisnis Indonesia ke depan semakin membaik.

"Kami sebagai pengusaha sudah berkontribusi ke negara dengan mau membayar pajak. Tapi kami juga ingin menyampaikan keluhan ke bapak Presiden agar bisnis ke depan semakin baik," kata Sofjan saat memberikan sambutan Musyawaran Nasional Apindo ke-9 di Hotel JS Luwansa Jakarta, Senin (8/4/2013).

Sofjan menjelaskan, tahun ini merupakan tahun politik. Hingga saat ini, para pengusaha khawatir soal kepastian politik, kepastian hukum dan kepastian keamanan yang terjadi selama ini. Apalagi, selama ini juga banyak terjadi ketidakpastian keamanan khususnya di daerah. Sehingga ketidakpastian keamanan tersebut juga akan berpengaruh terhadap perkembangan bisnis para pengusaha setempat.

"Pemilihan umum (Pemilu) tinggal setahun lagi. Masalah kepastian hukum, kepastian politik dan kepastian keamanan sangat penting sekali," tambahnya.

Dengan kepastian hukum, politik dan keamanan tersebut dari negara, maka para pengusaha akan merasa aman dan nyaman dalam berbisnis. Sehingga para pengusaha pun optimis pertumbuhan Indonesia bisa naik lebih tinggi dari prediksi semula.

"Bahkan jika masalah itu bisa diselesaikan, maka pertumbuhan ekonomi kita bisa naik 8-9 persen. Momentum 6 persen pertumbuhan ekonomi itu tidak boleh turun," jelas pemilik Gemala Group ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.