Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Baru Jadi Proyek Percontohan Donasi Parkir

Kompas.com - 08/04/2013, 15:48 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan parkir di Pasar Baru, Jakarta Pusat, akan menjadi proyek percontohan penerapan sistem donasi parkir di Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, nantinya sistem donasi parkir akan diberlakukan di seluruh titik parkir on street di Ibu Kota.

"Kami uji coba dulu di Pasar Baru. Tapi, nantinya semua titik parkir di Jakarta akan pakai sistem parkir itu," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Senin (8/4/2013).

Rencananya, DKI akan melakukan lelang beauty contest atau lelang investasi. Melalui lelang ini, Pemprov DKI tidak perlu menyiapkan uangnya, melainkan pemenang lelang yang akan menyiapkan dananya sebagai investasi pembangunan sistem tersebut.

Kemudian, setelah DKI mendapatkan pemenang lelang beauty contest, maka perusahaan itu akan membutuhkan waktu enam bulan untuk install peralatan. Sistem donasi parkir ini mengacu pada sistem parkir di Budapest, Bogota, Ulrich, London dan China.

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan, penerapan donasi parkir lebih baik diserahkan ke swasta sebagai investor. Sebab penerapan sistem tersebut tujuannya adalah untuk mengendalikan kendaraan pribadi yang parkir on street.

"Kita mau mendorong orang menaruh mobilnya, kemudian naik kendaraan umum. Jadi, kita ingin juga gedung atau mal di hari biasa, parkir di situ lebih murah dan orang lanjut naik bus. Jadi, istilahnya park and ride," ujar Basuki.

Basuki memberi target tahun ini sistem parkir itu telah dapat dilaksanakan. Sementara juru parkir yang direkrut akan dijadikan pegawai dengan gaji Rp 2,5 juta per bulan per orang. Mereka juga akan memegang alat, seperti PDA atau Android yang dapat langsung meng-scanning pelat nomor kendaraan yang parkir di kawasan tersebut.

Melalui sistem itu, pembayaran parkir dapat melalui mobile banking atau dengan menggunakan kartu ATM. "Seperti ATM dan kita tertarik untuk kerjasama dengan bank. Bisa juga dari handphone. Jadi kita bisa daftar parkir melalui SMS," kata Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com