Kompas.com - 08/04/2013, 17:50 WIB
|
EditorHindra

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejuta cara selalu digunakan sindikat narkoba agar penyelundupan barang haramnya tidak terendus penegak hukum. Salah satunya dilakukan kurir sabu berinisial IC (50). Sabu yang hendak diselundupkannya sampai disimpan di dalam ban serep mobilnya. Beruntung, penyelundupan berhasil digagalkan.

Kepala Subdirektorat Psikotropika Badan Narkotika Nasional Komisaris Agung Ramos Sinaga menuturkan, BNN berhasil menggagalkan aksi penyelundupan tersebut tanggal 14 Maret 2013 pukul 07.00 di Jalan Kapten Sulaiman, Lintas Timur, Palembang, Sumatera Selatan. Di ban serepnya, BNN pun mendapatkan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 514 gram.

"IC ditangkap saat tengah mengantarkan sabu dari Tangerang, Banten, menuju Palembang dengan mobil Avanza hitam metalik," ujar Agung saat memusnahkan sejumlah barang bukti itu di halaman belakang BNN, Senin (8/4/2013).

Agung melanjutkan, berdasarkan pengakuan IC, ia mendapatkan barang haram tersebut dari seorang perempuan di salah satu rumah sakit di Tangerang, Banten, satu hari sebelum ditangkap. Ia pun diminta menyerahkan sabu tersebut kepada seorang lainnya di Palembang, Sumatera Selatan. IC yang sehari-hari bekerja sebagai wiraswasta tersebut mengaku mendapat uang jalan sebesar Rp 5 juta setiap sekali penyelundupan.

Adapun IC mengaku telah tiga kali menyelundupkan narkoba jenis sabu dengan rute dan instruksi yang sama, yakni dari Tangerang menuju Palembang. "Identitas yang menyuruhnya dan orang tujuan belum bisa kita ungkap kepada publik karena masih dalam pengembangan kami," lanjut Agung.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, tersangka dijerat oleh Pasal 114 Ayat (2), Pasal 112 Ayat (2), Jo Pasal 132 Ayat (1) dengan ancaman hukuman mati, penjara seumur hidup, atau pidana paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun penjara. (C18-11)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.