Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Siapkan Solusi Permanen untuk Korban Kebakaran

Kompas.com - 09/04/2013, 12:19 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo merasa prihatin dengan maraknya peristiwa kebakaran di wilayah Ibu Kota. Sebagai solusi awalnya, dia meminta warga yang menjadi korban diberi bantuan sebagai upaya pertama mengurangi bebannya.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu menyampaikan, selama ini bantuan untuk korban kebakaran sering kali terganjal prosedur yang rumit. Untuk itu, dia meminta semua pihak terkait agar menghapus kerumitan proses penyaluran bantuan mengingat situasi yang mendesak.

Menurut Jokowi, kerumitan penyampaian bantuan terjadi karena peristiwa seperti kebakaran tak dapat diantisipasi. Di luar itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga tidak memiliki anggaran khusus untuk korban kebakaran mendapatkan solusi yang permanen.

"Prosesnya repot, padahal ini peristiwa mendadak. Anggaran enggak ada, jadi kami enggak bisa berikan bantuan yang permanen," kata Jokowi, di Balaikota Jakarta, Selasa (9/4/2013).

Selama ini, warga DKI yang menjadi korban kebakaran selalu diberi bantuan yang sifatnya untuk sesaat, yakni pemberian bahan kebutuhan pokok, perlengkapan tidur, pakaian, perlengkapan sekolah, dan penyediaan air bersih.

Ke depan, mantan Wali Kota Surakarta ini berniat merancang solusi permanen untuk korban kebakaran. Solusi itu bisa disiapkan melalui penyiapan anggaran di APBD Perubahan. "Mungkin nanti di (APBD) Perubahan kami cari solusinya, entah langsung dibangun rusunnya atau kampung deret atau apapun harus dilakukan," ujarnya.

Berita terkait, baca:

GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com