Kompas.com - 09/04/2013, 17:56 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah DKI Jakarta Fadjar Panjaitan mengundurkan diri. Fadjar yang baru pulang umrah telah menjadi calon legislatif dari PDI Perjuangan.

"Iya benar. Karena beliau menjadi salah satu caleg partai politik, jadi harus mundur," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota Jakarta, Selasa (9/4/2013).

Untuk mengisi kekosongan jabatan itu, yang akan menjadi Pelaksana Tugas Sekda DKI adalah Asisten Pembangunan DKI Wiriyatmoko. Sebelumnya, Wiriyatmoko juga pernah menjadi Pelaksana Harian (Plh) Sekda DKI saat Fadjar melaksanakan ibadah umrah. Jabatan Fadjar sebagai Sekda DKI Jakarta, sesuai dengan perpanjangan, semestinya baru berakhir September 2013 mendatang.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah DKI Sarwo Handayani juga membenarkan kalau Fadjar telah mengundurkan diri sebagai Sekda DKI. Menurut dia, dalam peraturan KPU RI, siapapun yang mengajukan caleg sebuah partai politik, harus meninggalkan jabatan dan menghilangkan status sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dalam pengalamannya di Pemprov DKI, Fadjar pernah menjabat sebagai Camat Kalideres, Sekretaris Kota Jakarta Timur, Bupati Kepulauan Seribu, Wali Kota Jakarta Barat, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan, dan Sekda Pemprov DKI Jakarta (2008-April 2013). Saat dihubungi wartawan, telepon genggam Fadjar tidak aktif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.