Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Kalau (Sekda) Mau Mundur, Ya Mundur

Kompas.com - 09/04/2013, 18:36 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengunduran diri Fadjar Panjaitan dari posisinya sebagai Sekretaris Daerah tak diambil pusing Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Menurutnya, Fadjar memiliki hak untuk mengundurkan diri, termasuk menanggalkan status pegawai negerinya.

Jokowi mengaku telah mengetahui pengunduran diri Fadjar langsung dari yang bersangkutan. Untuk itu, ia segera menyerahkan posisi sekretaris daerah (sekda) kepada pelaksana tugas Wiryatmoko yang saat ini menjabat sebagai asisten bidang pembangunan.

"Kalau mau mundur ya mundur, nanti disiapkan penggantinya karena ini mendadak. Tapi saya sudah minta Pak Moko (Wiryatmoko) untuk jadi pelaksana tugasnya," kata Jokowi dijumpai di sela-sela kesibukannya mengunjungi korban kebakaran di Tambora, Jakarta Barat, Selasa (9/4/2013) sore.

Fadjar yang dalam waktu dekat akan memasuki masa pensiun dikabarkan mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2014 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Sebelumnya ia bergabung bersama Partai Golkar.

"Soal dia nyaleg lewat PDI Perjuangan, itu urusan pribadilah, pokoknya nanti kita siapin penggantinya," ujar Jokowi.

Masa pensiun Fadjar seharusnya jatuh pada September mendatang. Namun, dengan mencalonkan diri sebagai caleg, Fadjar memutuskan untuk mengundurkan diri dari kursi jabatannya. Surat pengunduran diri Fadjar telah masuk ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI pada 8 April kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com