Kompas.com - 09/04/2013, 21:20 WIB
|
EditorFarid Assifa

MEDAN, KOMPAS.com — Satu lagi tahanan kabur dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Salambue, Kota Padangsidimpuan, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Selasa (9/4/2013). Total tahanan yang kabur dari Lapas ini dalam kurun waktu dua bulan terakhir menjadi empat orang.

Tahanan terakhir yang kabur adalah Agustinus Harefa (18), warga Sigalangan, Batang Angkola, Tapanuli Selatan. Agustinus berstatus tersangka kasus pencurian titipan Polres Tapanuli Selatan. Dia baru semingg ditahan di Lapas Salambue.

"Kepala Lapas Salambue itu sudah bilang sama saya. Alasan kabur karena personel kurang. Kami akan pelajari sistem di sana," kata Kepala Divisi Lapas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkum HAM) Sumatera Utara Amran Silalahi saat dihubungi wartawan via telepon seluler, Selasa malam.

Informasinya, Agustinus melarikan diri setelah menjebol plafon dan memanjat tembok menggunakan tali. Namun, Amran mengaku belum mengetahui pasti kronologinya. Dia mengatakan, tim Kanwil Kemenkum HAM akan turun ke Padangsidimpuan untuk mencari tahu kronologi dan modus pelaku. Apalagi, 10 hari sebelumnya, tepatnya Minggu (31/3) lalu, tiga tahanan kasus narkoba, yaitu Marihot Tampubolon, Rahmad Bangun, dan Nurdin Simanjuntak, juga melarikan diri.

"Agar kronologinya jelas, tim Kanwil turun ke sana. Kami ingin mengetahui apa yang terjadi. Kalau kelemahan sistem di Lapas Salambue akan dianalisis dan dibenahi," kata Amran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.