Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Persilakan Tolak BOP bagi Sekolah Mampu

Kompas.com - 10/04/2013, 17:39 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mempersilakan sekolah yang berniat menolak menerima dana biaya operasional pendidikan (BOP). Yang jelas, kriteria sekolah yang menolak harus jelas, setidaknya benar-benar mampu menyelenggarakan pendidikan tanpa membebani biaya operasional kepada peserta didik.

"Kalau memang sekolah tidak mau menerima BOP karena sudah merasa mampu, ya silakan," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Rabu (10/4/2013).

Mantan Wali Kota Surakarta ini menegaskan, mengenai BOP, yang perlu dilakukan sekolah adalah sistem kontrol penggunaannya. Ia hanya menginginkan BOP ini disalurkan tepat sasaran dan tepat jumlah. "Sistem yang baik memang harus ada. Kontrol, pengawasannya, juga harus baik," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan ingin mengevaluasi sistem penyaluran BOP agar lebih tepat sasaran. Hal ini dilakukan karena disinyalir siswa mampu di sekolah favorit juga ikut menikmati bantuan ini.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pernah menyampaikan bahwa semua siswa, baik yang menempuh pendidikan di sekolah swasta maupun negeri, diharuskan membayar uang sekolah. Mantan Bupati Belitung Timur ini mengatakan, rencana penghapusan (BOP) dilakukan dengan pertimbangan agar DKI dapat bertindak lebih adil.

Basuki mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan meminta semua siswa membayar penuh biaya sekolah. Bagi siswa yang tidak mampu, Pemprov DKI akan menanggungnya melalui program Kartu Jakarta Pintar (KJP). Ia merasa semua bisa lebih adil dengan konsep subsidi silang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com