Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Kita Akan Bangun Rusun Tanpa Parkiran

Kompas.com - 11/04/2013, 19:40 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemprov DKI Jakarta berencana membangun rumah susun sederhana sewa (rusunawa) dengan konsep non-parking. Artinya, rusun-rusun itu tidak akan lagi menyediakan lahan parkir.

Wacana itu dilontarkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk mencegah penghuni rusun yang memiliki kendaraan pribadi. "Kalau ada perusahaan yang mau jual tanah mereka, kita akan bangun rusun yang tidak ada parkiran mobil dan parkiran motor," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Kamis (11/4/2013).

Ia mengharapkan, melalui konsep itu juga akan membantu mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Kemudian, masyarakat beralih memakai transportasi umum.

Dengan itu, maka juga dapat mengatasi kemacetan Ibu Kota. Pria yang akrab disapa Ahok itu beranggapan, salah satu penyebab kemacetan adalah banyaknya lahan parkir yang tersedia di Jakarta yang dapat memicu keinginan masyarakat memiliki kendaraan pribadi.

Basuki menjelaskan Pemprov DKI telah memiliki lahan di Daan Mogot, Jakarta Barat, yang dipersiapkan untuk pembangunan delapan blok rusun. Rusun itu rencananya dibangun berdekatan dengan stasiun kereta api dan halte bus. Sehingga akan memudahkan masyarakat untuk menjangkau transportasi massal.

Sedangkan lahan untuk pembangunan rusun di Rawa Bebek, pembangunannya diserahkan kepada Kementerian Perumahan Rakyat.

"Makanya kita akan bangun delapan blok di Daan Mogot dan sudah kita siapkan DED (detail engineering design). Ada kereta api untuk jalan kereta api di Kampung Duri sama halte busnya," ujar mantan Bupati Belitung Timur itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com