Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Cari Calon Sekda DKI yang Muda

Kompas.com - 11/04/2013, 19:54 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemprov DKI Jakarta masih mencari pengganti Fadjar Panjaitan sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DKI yang telah mengundurkan diri per 8 April 2013 lalu. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan, hingga saat ini Pemprov DKI belum mengantongi nama-nama calon pengganti Fadjar.

Kendati demikian, Basuki menegaskan kriteria yang paling utama adalah pegawai negeri sipil (PNS) yang masih berusia muda dan masa pensiunnya masih lama. "Ya, mungkin salah satu kriterianya adalah pejabat yang pensiunnya masih lama," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Kamis (11/4/2013).

Selain itu, kata dia, calon sekda itu harus terbiasa mengurusi administrasi pemerintahan daerah. Karena, menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, seorang Sekda DKI adalah seorang administrator.

Baginya, kriteria ideal calon Sekda adalah pejabat DKI berusia muda yang menduduki jabatan strategis tersebut. Namun, hingga saat ini, Basuki mengaku masih belum memiliki sosok ideal yang diharapkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan dirinya.

"Belum, kita belum ada nama pengganti Pak Fadjar," kata Basuki.

Sebelumnya, Fadjar Panjaitan telah mengundurkan diri sebagai Sekretaris Daerah DKI untuk menjadi anggota legislatif DPR RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) pada Pemilu 2014 mendatang. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun telah memilih Asisten Pembangunan DKI Wiriyatmoko sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekda DKI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com