Kompas.com - 12/04/2013, 17:33 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Demi meningkatkan pelayanan kesehatan di puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Pemprov DKI akan meningkatkan gaji dokter di bawah koordinasi Dinas Kesehatan DKI. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyebutkan kalau kenaikan itu lebih tinggi dibanding gaji sopir transjakarta yang mencapai Rp 7 juta.

"Pokoknya gaji untuk dokter honorer naik. Yang jelas gaji mereka harus lebih tinggi dari gaji sopir transjakarta," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Jumat (12/4/2013).

Kenaikan gaji tersebut hanya diperuntukkan bagi dokter honorer atau non-pegawai negeri sipil (PNS). Adapun dokter yang sudah PNS tidak akan mengalami kenaikan gaji. Rencananya, kenaikan gaji akan segera direalisasikan pada pekan depan.

Hal ini juga dipertegas Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emmawati. Menurutnya, selain menaikkan gaji dan tunjangan, Pemprov DKI juga akan memberikan jaminan asuransi pensiun dan asuransi kesehatan. Menurut dia, hal itu diberikan agar tenaga honorer dapat merasa sebanding dengan tenaga medis PNS. Dengan demikian, para tenaga honorer akan lebih terpacu memberikan yang terbaik dalam peningkatan kualitas kesehatan Ibu Kota.

Dengan penghasilan yang seimbang itu, dokter honorer juga akan memberikan pelayanan yang baik dan optimal kepada pasien. "Dengan itu, maka dokter enggak lagi melayani pasien dengan muka cemberut lagi. Kita harus seimbangkan, masak harus melayani 150 pasien setiap harinya, tapi gaji tidak dinaikkan," kata Dien.

Lebih lanjut, Dien menjelaskan kalau kenaikan gaji baru akan dilakukan pada Mei mendatang. Saat ini, komposisi dokter non-PNS 60 persen dan dokter yang sudah PNS sebanyak 40 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.