Kompas.com - 15/04/2013, 12:00 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com — Mayoritas warung internet atau warnet di Jakarta Utara belum berizin. Suku Dinas Komunikasi Informasi dan Kehumasan Jakarta Utara menyebut baru 13 dari sekitar 200 warnet yang mengantongi izin. Sejumlah pengusaha menilai sosialisasi dari pemerintah masih kurang.

Kepala Sudin Kominfo dan Kehumasan Jakarta Utara Hasmi Chalid pada sosialisasi internet sehat di kantor Wali Kota Jakarta Utara, Senin (15/4/2013), mengatakan, sesuai surat keputusan Dinas Kominfo dan Kehumasan DKI Jakarta tahun 2010, setiap warnet di DKI Jakarta harus berizin. Namun, pihaknya hingga kini baru mengeluarkan 13 izin warnet.

Surat keputusan itu juga mengatur soal jam buka warnet maksimal pukul 24.00. Namun, tak sedikit warnet yang buka 24 jam. Mereka juga tak mengantongi izin gangguan dari warga sekitar serta pemerintahan setempat. Kondisi itu diduga menyulut protes warga terhadap beberapa pengelola warnet.

Ahmad Dahlan, pengelola warnet di Jalan Ancol Barat Pademangan, mengatakan, informasi terkait prosedur perizinan itu masih kurang. Meski sudah tiga tahun sejak surat keputusan dikeluarkan, tak sedikit pengusaha warnet yang masih awam terhadap aturan itu.

Wali Kota Jakarta Utara menjamin seluruh proses perizinan gratis. Namun, dirinya berpesan agar pengelola warnet mengawasi ketat warnetnya agar tak dimanfaatkan sebagai sarana kejahatan atau untuk mengakses situs pornografi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.