Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monorel Mulai Terealisasi Tahap demi Tahap

Kompas.com - 15/04/2013, 19:53 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS — Megaproyek pembangunan monorel di Jakarta tahap demi tahap mulai terealisasi. Teranyar, Ortus Infrastructure Capital Limited telah melunasi seluruh saham PT Adhi Karya Tbk di PT Jakarta Monorail dan PT Indonesia Transit Central (ITC) berikut penandatanganan kesepakatan harga tiang-tiang monorel senilai Rp 190 miliar.

"Dengan demikian, saat ini, Ortus adalah pemegang saham mayoritas PT Jakarta Monorail," kata Direktur PT Jakarta Monorail (JM) Bovanantoo di Jakarta, Senin (15/4/2013).

Bovanantoo menjelaskan, sebelumnya PT ITC merupakan pemegang saham mayoritas PT JM sebesar 90,5 persen. Saat ini, PT ITC telah sepakat mengalihkan 80,5 persen sahamnya kepada Ortus.

Mengenai perkembangan kegiatan PT JM, Bovanantoo menjelaskan bahwa Senin (15/4/2013) ini Ortus telah menyepakati menggunakan rolling stock dari perusahaan CNR Changchun Railway Vehicle Co, Ltd guna diimplementasikan di Jakarta. Perusahaan tersebut telah memproduksi rolling stock monorel di kota Chongqing, China.

Saat ini, kereta contoh dari CNR Monorail sedang disiapkan dan akan segera dipamerkan. "Pada minggu pertama bulan Juni 2013 diharapkan sudah tiba di Jakarta," ujarnya.

Kereta contoh tersebut akan dipamerkan dalam rangkaian sosialisasi proyek monorel di Jakarta dalam rangkaian HUT ke-486 Ibu Kota yang digelar di kawasan Monumen Nasional. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sangat optimistis megaproyek ini bisa mulai dilanjutkan pada tahun ini. Ia berharap, di akhir 2013, satu kereta monorel sudah ada di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com