Kompas.com - 16/04/2013, 15:54 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat ini, empat jabatan eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam posisi kosong. Meski demikian, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tetap tenang dan tak merasa terganggu dengan kondisi tersebut karena untuk sementara posisi itu telah diisi oleh pelaksana tugas (Plt).

Keempat posisi yang semula diduduki pejabat eselon II tersebut kosong karena pejabat semula telah memasuki masa pensiun atau dipromosikan ke posisi lain. "Sudah ditunjuk Plt-nya, ya sudah, tidak ada masalah. Tidak akan berpengaruh," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Selasa (16/4/2013).

Posisi jabatan yang kosong itu adalah Wali Kota Jakarta Barat yang ditinggalkan Burhanuddin karena ia mengundurkan diri untuk mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg) 2014 di DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra. Posisi Wakil Wali Kota Jakarta Barat dilepas oleh Sukarno yang telah memasuki masa pensiun sejak 1 April 2013. Jabatan Wali Kota Jakarta Selatan sebelumnya dijabat oleh Anas Effendi, tetapi ia dimutasi sebagai Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah. Yang terakhir adalah posisi Sekretaris Kota Jakarta Timur yang kosong setelah Husein Murad dipromosikan menjadi Wakil Wali Kota Jakarta Timur.

Saat ini, keempat jabatan tersebut dipegang oleh pelaksana tugas masing-masing. Jokowi telah menunjuk Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Sylviana Murni sebagai Plt Wali Kota Jakarta Barat. Adapun Sekretaris Kota Jakarta Barat ditunjuk sebagai Plt Wakil Wali Kota Jakarta Barat. Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor ditunjuk sebagai Plt Wali Kota Jakarta Selatan dan Wakil Wali Kota Jakarta Timur Husein Murad ditunjuk sebagai Plt Sekretaris Kota di wilayahnya.

Jokowi menyampaikan, nama-nama untuk jabatan wali kota yang lowong telah diserahkan kepada DPRD DKI Jakarta sejak 1,5 bulan yang lalu. Namun, hingga saat ini, belum ada tanggapan dari anggota legislatif. "Sudah satu setengah bulan lalu kita ajukan ke dewan, sampai sekarang belum ada," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.