Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Bertemu Jokowi, Warga Petukangan 'Geruduk' Balaikota

Kompas.com - 17/04/2013, 11:23 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ratusan warga Kelurahan Petukangan Selatan menggeruduk gedung Balaikota DKI Jakarta, Rabu (17/4/2013). Kedatangan mereka untuk menuntut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menggelar audiensi terkait pembebasan lahan warga Petukangan tersebut.

Koordinator aksi, Munasik (48), mengatakan, pihaknya menginginkan Joko Widodo mempercepat digelarnya audiensi pembebasan lahan dengan warga pemilik tanah. Agar setelahnya dapat tercapai mufakat antara Pemerintah Provinsi DKI dan warga.

"Kami ingin audiensi untuk menggiring Gubernur bermusyawarah dengan warga Petukangan, terkait pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol," kata Munasik di lokasi aksi, Rabu.

Untuk diketahui, musyawarah merupakan perintah pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap dengan adanya gugatan warga Petukangan Selatan terhadap Surat Keputusan (SK) Gubernur DKI Jakarta Nomor 1907/2010 tentang perubahan besarnya ganti kerugian tanah dan bangunan dalam pelaksanaan pengadaan tanah untuk jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) West 2 di Kelurahan Petukangan Utara dan Petukangan Selatan, Kecamatan Pesanggrahaan, Jakarta Selatan.

Pada 28 Maret 2013, Mahkamah Agung telah mengeluarkan salinan resmi yang pokoknya berisi menolak permohonan yang diajukan oleh Gubernur DKI. Oleh karena itu, para warga meminta Joko Widodo mencabut SK tersebut dan bisa merealisasikan harga ganti rugi yang layak.

"Pembangunan JORR bersifat komersial, maka itu harus melibatkan warga," ujar Munasik. Sebelumnya, Joko Widodo sempat menyatakan bahwa Tol JORR West 2 akan selesai pada Desember 2013, dan tahun depan sudah mulai dioperasikan. Namun, sampai saat ini warga di lokasi tersebut belum pernah sekali pun diajak bermusyawarah.

Warga datang sekitar pukul 10.00 WIB. Sampai pukul 10.45, ratusan warga itu masih bertahan di depan Gedung Balaikota Jakarta. Kondisi lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan terpantau tak terganggu.

Berita terkait, baca:

GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com