Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Sekolah di Sumut Tunda UN

Kompas.com - 17/04/2013, 17:16 WIB
Mohammad Hilmi Faiq

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com -  Tak kurang dari 521 sekolah di Sumatera Utara meliburkan Ujian Nasional bagi siswa yang tidak kebagian naskah soal. Mereka sepakat Ujian Nasional ditunda pekan depan dengan syarat semua naskah soal teleh tersedia sesuai jumlah siswa.

Koordinastor Pengawas UN Sumut yang juga Rektor Universitas Negeri Medan Ibnu Hajar Damanik menjelaskan, terdapat 521 sekolah yang kekurangan naskah soal UN. Dia meminta agar UN ditunda pekan depan.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Menengah dan Kejuruan Dinas Pendidikan dan Olahraga Deli Serdang Idris, Rabu (17/4/2013) menjelaskan, terdapat puluhan sekolah yang meliburkan siswanya karena kekurangan soal UN. Jumlah siswa mencapai 1.300 orang. Keputusan ini diambil setelah Idris berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Sumut.

Hal serupa terjadi di Tapanuli Tengah. Tak kurang dari 20 sekolah memulangkan siswanya yang hendak ikut UN. "Naskah soal tak ada, tak mungkin kami foto kopi karena tak cukup waktu. Makanya kami pulangkan," kata Kepala Bagian Humas Kabupaten Tapaluni Tengah Iwan Sinaga.

Pun demikian yang terjadi di Kabupaten Samosir. Semua sekolah, sebanyak 23 sekolah, tak ada yang menjalankan UN lantaran naskah soal tak mencukupi. Di Samosir terdapat 2.652 siswa yang seharusnya mengikuti UN.

Asisten Pemerintahan Kabupaten Samosir Ombang Siboro menjelaskan, UN tahun ini paling kacau karena pemerintah tak bisa memenuhi naskah soal. Pemerintah Kabupaten Samosir harus bekerja keras memberi pengertian kepada siswa dan orangtua siswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com