Kompas.com - 17/04/2013, 17:59 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemprov DKI Jakarta akan menerapkan kartu e-ticketing bulanan untuk busway Transjakarta. Para pengguna jasa busway Transjakarta akan membeli kartu e-ticketing bulanan yang lebih murah dibandingkan dengan tarif sehari-hari.

"Kita sekarang lagi mengkaji bagaimana tarif bus Transjakarta dinaikkan. Tetapi bagi yang berlangganan kartu e-ticketing bulanan diberikan harga murah, misalnya Rp 200.000 per bulan. Ini untuk mendorong orang-orang naik bus," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, di Balaikota Jakarta, Rabu (17/4/2013).

Basuki mengatakan, ia telah meminta Asisten Sekretaris Daerah bidang Perekonomian dan Administrasi Hasan Basri untuk segera memanggil lima bank yang telah bekerjasama menerapkan e-ticketing pada busway Transjakarta. Kelima bank itu akan diminta untuk melanjutkan kerjasama dengan Pemprov DKI, dan membuat e-ticketing tidak lagi dihitung per satu kali perjalanan, melainkan dapat digunakan sebagai kartu e-ticketing bulanan seperti kartu yang digunakan oleh PT KAI sebelumnya.

Namun, Basuki menegaskan wacana itu masih dalam tahap kajian. Karena masih ada kemungkinan, tarif tiket per satu perjalanan tetap tidak dinaikkan, namun menerapkan kartu langganan bulanan.

"Yang pasti kita mau memaksa orang untuk menggunakan kartu e-ticketing bulanan. Kalau sudah beli bulanan trus harga tiket per satu trip tidak dinaikkan, pasti dia merasa rugi. Bisa saja harga bulanan lebih murah dari harga per satu trip," kata mantan Bupati Belitung Timur itu.

Melalui langkah ini, Basuki meyakini dapat menarik warga untuk beralih ke transportasi massal dan sebagai antisipasi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang telah ditetapkan pemerintah pusat. Dari kebijakan kenaikan harga BBM itu, Basuki mengkhawatirkan akan membuat harga transportasi umum naik dan jumlah sepeda motor di Jakarta semakin tinggi.

"Padahal motor itu yang mengakibatkan angka kecelakaan lalu lintas tinggi dan capek juga mengendarai motor. Saat ini, memang motor itu kendaraan yang paling nyaman dan murah dibandingkan kendaraan umum," kata Basuki.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.