Kompas.com - 17/04/2013, 19:23 WIB
Penulis Imanuel More
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemandangan baru terlihat di rumah-rumah warga dan warung-warung yang berada di Taman Burung, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Bagian depan rumah dan warung milik warga terpasang bendera salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas).

"Baru dipasang kemarin, biar aman, Mas," terang Hasyim, pemilik warung makan di Taman Burung, Pluit, kepada wartawan, Rabu (17/4/2013).

Menurut Hasyim, pemasangan bendera dilakukan agar mereka bisa diloloskan dari penertiban bangunan di sekitar Waduk Pluit yang sedang berlangsung saat ini. 50-an bangunan yang letaknya tak jauh dari warung sekaligus tempat tinggalnya telah diratakan dengan tanah. Penghuninya dipindahkan ke Rumah Susun Buddha Tzu Chi. Kondisi itulah yang sempat membuat Hasyim dan warga lain yang tersisa diliputi kekhawatiran.

"Kayaknya enggak sampai ke mari. Katanya sih cuma rumah-rumah yang letaknya 20 meter dari waduk. Kalau tempat saya kan lebih dari 50 meter dari waduk," harap Hasyim.

Saat ditanyakan, apakah ormas tersebut memberikan jaminan kepada warga bahwa rumah mereka tidak akan ditertibkan, Hasyim tidak dapat memastikan. Begitu pun saat dikonfirmasi ada tidaknya pungutan yang disetor untuk pemasangan bendera ormas, Hasyim hanya tersenyum.

Di rumah-rumah warga di Taman Burung, Pluit, terpasang bendera ormas berwarna putih. Pada bendera tersebut terdapat lambang Garuda dengan kedua sayap berwarna merah. Pada bendera tersebut tertulis Gerakan Rakyat Indonesia Baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.