Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RS Harapan Bunda Pertegas Tak Memotong Jari Edwin

Kompas.com - 17/04/2013, 21:31 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Manajemen Rumah Sakit Harapan Bunda, Jakarta Timur, mempertegas bahwa salah satu dokternya tak menggunting jari telunjuk kanan bayi berusia 2,5 bulan bernama Edwin Timothy Sihombing. Penanganan Edwin selama di RS tersebut dianggap telah sesuai dengan prosedur penanganan medis.

"Jari telunjuk kanan bayi Edwin tidak diamputasi, melainkan putus dengan sendirinya," ujar salah satu Direktur RS Harapan Bunda, Edi Suharso, saat dihubungi wartawan, Rabu (17/4/2013).

Meski mengaku tak ada kesalahan prosedur, Edi mengatakan bahwa RS Harapan Bunda tetap bertanggung jawab dengan apa yang terjadi pada pasiennya. Oleh sebab itu, Edi menilai poin kesepakatan antara RS dan orangtua Edwin, yang menyatakan Edwin dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Paviliun Kencana, telah final dan tak bisa digugat.

"Kami sanggup membiayai pengobatan Edwin di RSCM. Ini hasil musyawarah rumah sakit dengan orangtua, bukan permintaan maaf," katanya.

Pertemuan kedua belah pihak yang berlangsung tertutup dari pukul 14.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB tersebut digelar di Lantai IV RS Harapan Bunda dengan dihadiri lengkap oleh orangtua Edwin dan kuasa hukum, tiga orang direktur RSHB beserta staf dan dua pengacara, dua orang dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dan tiga orang dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Edwin Timothy Sihombing adalah bayi berusia 2,5 bulan yang diduga menjadi korban malapraktik. Separuh jari telunjuk kanannya diamputasi oleh dokter Zainal Abidin di RS Harapan Bunda. Orangtua pun menuntut rumah sakit untuk merawat bayinya hingga sembuh total.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com