Kompas.com - 18/04/2013, 08:52 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerak telor, makanan khas Betawi ini mungkin telah jarang beredar di pasaran. Memang, biasanya kerak telor banyak dijumpai saat pesta rakyat Jakarta seperti ulang tahun Kota Jakarta.

Meski demikian masih ada pedagang kerak telor yang masih berjualan walau bukan saat berlangsungnya pesta rakyat tetapi di tempat-tempat tertentu, seperti di Museum Sejarah Jakarta, Kawasan Kota Tua.

Hamzah, salah satu pedagang kerak telor yang ada di kawasan museum. Kerak telor buatan Hamzah dihargai Rp 15.000. Menurutnya, bahan utama dalam membuat kerak telor sangat sederhana, yaitu telur ayam atau telur bebek.

Biasanya, sebelum membuat pesanan pelanggan, Hamzah selalu menanyakan terlebih dahulu telur apa yang digunakan, ayam atau bebek. Harganya tak berbeda untuk penggunaan dua jenis telur tersebut.

Telur diaduk dengan beras ketan yang dicampur dengan serundeng dan bumbu-bumbu lainnya pada wajan kecil di atas tungku yang berisi arang. Setelah agak kering, lalu wajan tersebut dibalik menghadap ke tungku berisi arang. Saat pembalikan itulah, proses menjadi "kerak".

Meski dibalik, tetapi adonan yang ada pada wajan tidak tumpah, karena, menurut Hamzah, tekstur beras ketan yang lengket yang membuat adonan tetap menempel pada wajan. Arang pun menjadi salah satu kunci. Arang yang digunakan adalah arang batok. Karena, jika menggunakan arang kayu biasa, bisa-bisa serpihan arang menempel pada adonan.

Setelah berwarna agak kecoklatan, berarti kerak telor siap disantap. Jangan khawatir, meskipun namanya kerak telor, bukan berarti rasanya keras layaknya kerak sungguhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

kerak-telor

Kerak telor. (Kompas.com/Fitri Prawitasari)

Rasa kerak telor tetap empuk, dan sedikit garing, perpaduan antara telur dan beras ketan. Wangi bekas bakaran arang pun menjadi citarasa tersendiri. Jangan lupa, saat menyantap, diatasnya ditaburi dengan serundeng.

"Ngungsi" di Museum

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.