Bendera GRIB Berkibar, Basuki Tetap Gusur Bantaran Waduk Pluit

Kompas.com - 18/04/2013, 13:43 WIB
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menegaskan, penggusuran terhadap permukiman liar di sekitar Waduk Pluit tetap akan dijalankan meskipun sejumlah warga di tempat itu mengibarkan bendera ormas Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GRIB). Ormas ini merupakan organisasi sayap Partai Gerindra yang dipimpin Hercules.

"Enggak ada urusan. Itu tanah pemerintah, bukan tanah GRIB, dan kami akan gusur," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Kamis (18/4/2013). Gerindra adalah partai tempat Basuki bernaung.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan rumah susun sebagai tempat tinggal yang layak. Dengan merelokasi warga, pemprov berharap dapat melakukan normalisasi waduk Pluit.

Diberitakan sebelumnya, rumah-rumah warga dan warung-warung yang berada di Taman Burung, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, terpasang bendera ormas GRIB.

Hasyim, salah seorang pemilik warung makan di sekitar waduk, menuturkan, warga sengaja memasang bendera GRIB untuk menarik simpati Basuki. Mereka berharap bisa lolos dari penertiban dan tidak direlokasi. Sekitar 50-an bangunan di sekitar rumah Hasyim saat ini sudah rata dengan tanah. Penghuninya sudah direlokasi ke Rumah Susun Buddha Tzu Chi.

"Kayaknya enggak sampai ke mari. Katanya, sih, cuma rumah-rumah yang letaknya 20 meter dari waduk. Kalau tempat saya, kan, lebih dari 50 meter dari waduk," kata Hasyim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.