Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI : Relokasi Pedagang Bukan Tanggung Jawab Kami

Kompas.com - 18/04/2013, 13:52 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI menyatakan, untuk proses relokasi pedagang kios di Stasiun Pasar Minggu yang ditertibkan bukan merupakan kewenangan dari PT KAI. Namun para pedagang dapat menempati kios-kios milik PD Pasar Jaya yang letaknya tak jauh dari lokasi Stasiun Pasar Minggu.

"Relokasi bukan tanggung jawab kami, tapi PD Pasar Jaya punya lokasi binaan di dekat sini dengan sewa enam bulan gratis," kata Humas PT KAI Daops I Agus Sutjiono di sela-sela proses penertiban pada Kamis (18/4/2013) pagi.

Total jumlah kios yang dibongkar pada Kamis pagi tersebut, menurut Agus, seluruhnya berjumlah 29 pintu. Kios-kios yang dibongkar merupakan kios yang masa kontrak sewa lahannya telah habis sejak Desember 2012.

"Penertiban bertujuan untuk menambah panjang peron guna memberikan ruang bagi pengguna kereta yang sedang menunggu kereta dalam upaya mencapai target peningkatan jumlah penumpang sekitar 1,2 juta penumpang ke depannya," kata Agus.

Proses penertiban kios milik pedagang di Stasiun Pasar Minggu sempat diwarnai sedikit kericuhan. Namun, penertiban akhirnya dapat berjalan dengan lancar. Penertiban dimulai pukul 09.00 WIB. dan akhirnya dapat diselesaikan pada pukul 11.00 WIB. Untuk pengamanan, pihak PT KAI menyiapkan sekitar 200 personel gabungan yang terdiri dari Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska), Satpol PP dan unsur-unsur dari Polri dan TNI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com