Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tepati Janji, Jokowi Datangi Warga Petukangan Selatan

Kompas.com - 19/04/2013, 12:50 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sesuai janjinya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Jumat (19/4/2013) sekitar pukul 10.00 WIB, akhirnya meninjau permukiman warga di Kelurahan Petukangan Selatan, Kecamatan Pesanggrahaan, Jakarta Selatan, yang rencananya akan dibebaskan untuk lokasi pembangunan jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) West 2. Saat warga Petukangan mendatangi Gedung Balaikota, Rabu (17/4/2013), Jokowi berjanji akan mendatangi tempat mereka.

Dalam pertemuan hari ini, warga diwakili pengacara publik dari LBH Jakarta, Ahmad Baihaqi. Kepada Jokowi, Ahmad menyampaikan bahwa warga merasa keberatan bila harus dipindahkan karena lokasi tempat tinggal mereka merupakan lokasi strategis yang telah mereka tempati selama puluhan tahun.

"Kami di sini penduduk asli, kami warga di sini. Artinya, kami yang biasa bekerja di sini kehilangan tempat pekerjaan. Anak sekolah harus pindah. Bahwa di daerah kami ini untuk sekolah TK sampai S-3 saja sudah ada. Wilayah kami adalah wilayah yang tidak pernah banjir. Jadi, wilayah di sini benar-benar wilayah yang sangat strategis dan sangat ekonomis," jelas Ahmad.

Ia juga mengadukan soal intimidasi yang sering dialami warga dari oknum-oknum tertentu. Warga dipaksa menyetujui pembebasan lahan. "Warga sudah tidak kuat lagi. Sudah banyak intimidasi orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi, harapan saya kepada Bapak Jokowi selaku Gubernur DKI Jakarta, secepatnya mengajak kami bermusyawarah," kata Ahmad.

Menanggapi hal itu, Jokowi berjanji akan datang kembali pada Rabu (24/4/2013) pekan depan. Menurutnya, apa yang terjadi saat ini hanya karena kurangnya komunikasi antara Pemprov DKI Jakarta dan warga.

"Nanti ketemu tanggal 24 (April) hari Rabu. Jamnya terserah. Mau pagi, siang terserah. Nanti kita makan aja di mana. Di rumah makan mana saja. Apalagi yang disampaikan. Kalau masalah harga ini kan rembukan dulu dengan perwakilan yang ada. Nanti Rabu kalau sudah nyambung tentukan ya. Besok (hari) Minggu ngomong-ngomong dulu antarwarga supaya pas ketemu kita sudah matang," ungkap Jokowi.

Kedatangan orang nomor satu se-DKI Jakarta itu dalam kegiatan yang berlangsung di posko warga tidak berlangsung lama, yaitu hanya sekitar lima menit. Setelah itu Jokowi berpamitan kepada warga dan melanjutkan perjalanannya untuk agenda yang lain.

Seperti diketahui, ratusan warga Kelurahan Petukangan Selatan menggeruduk Gedung Balaikota Jakarta, Rabu (17/4/2013). Kedatangan mereka untuk menuntut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menggelar musyawarah terkait pembebasan lahan warga Petukangan tersebut.

Musyawarah merupakan perintah pengadilan yang telah berkekuatan hukum menyusul gugatan warga Petukangan Selatan terhadap Surat Keputusan (SK) Gubernur DKI Jakarta Nomor 1907/2010 tentang perubahan besarnya ganti kerugian tanah dan bangunan dalam pelaksanaan pengadaan tanah untuk jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) West 2 di Kelurahan Petukangan Utara dan Petukangan Selatan, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Pada 28 Maret 2013, Mahkamah Agung telah mengeluarkan salinan resmi yang pokoknya berisi menolak permohonan yang diajukan oleh Gubernur DKI.

Para warga meminta Joko Widodo mencabut SK tersebut dan merealisasikan harga ganti rugi yang layak. Sebelumnya, Joko Widodo sempat menyatakan bahwa tol JORR West 2 akan selesai pada Desember 2013 dan dioperasikan tahun depan. Warga di lokasi tersebut mengaku belum pernah sekali pun diajak bermusyawarah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com