Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kios Dibongkar, Pedagang Pasar Minggu Lapor Polisi

Kompas.com - 20/04/2013, 13:00 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perwakilan pedagang di Stasiun Pasar Minggu kios dan lapak jualannya ditertibkan, melaporkan tindak kekerasan dalam proses penertiban tersebut ke Polda Metro Jaya, Sabtu (20/4/2013).

Dalam surat elektronik yang diberikan kepada wartawan, LBH Jakarta selaku kuasa hukum dari Persatuan Pegiat Usaha se-Jabodetabek (Perpustabek) yang merupakan paguyuban dari ribuan pegiat usaha kecil di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi, hendak melaporkan tindak kekerasan yang diduga dilakukan aparat PKD dan Polsuska saat menggusur kios-kios pedangang di Stasiun Pasar Minggu pada Kamis(18/4/2013) lalu.

"Penggusuran diawali tindakan kekerasan terhadap pedagang yang bertahan, akibatnya belasan pedagang mengalami luka-luka. Pedagang akan melaporkan tindakan kekerasan yang dilakukan terhadap pedagang," tulis LBH Jakarta dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu.

Sebelumnya, penertiban kios dan lapak pedagang dilakukan pihak PT KAI pada Kamis kemarin. Aksi dorong-dorongan pun terjadi saat berlangsungnya penertiban kios tersebut. Sekitar 89 lapak dan kios dibongkar dalam penertiban yang terjadi di stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Beberapa pedagang disebut mengalami aksi kekerasan dari petugas PKD dan Polsuska saat berlangsungnya penertiban.

Sementara itu, pantauan Kompas.com, perwakilan pedagang yang ditemani kuasa hukumnya dari LBH Jakarta tiba di Polda Metro Jaya sekitar pukul 11.00 WIB. Saat ini, pihak LBH dan pedagang Pasar Minggu masih membuat laporan di Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polda Metro Jaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com