Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Demokrat yang Masukkan DCS di Gorontalo

Kompas.com - 21/04/2013, 17:34 WIB
Kontributor Kompas TV, Muzzammil D. Massa

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com - Hingga sehari menjelang penutupan pendaftaran calon legislatif (laleg) untuk DPRD Provinsi Gorontalo, baru Partai Demokrat yang memasukkan Daftar Caleg Sementara (DCS) sejak pendaftaran dibuka 9 April lalu.

Dengan menggunakan prosesi adat Gorontalo yang disebut longgo, Ketua DPD Demokrat Gorontalo, Gusnar Ismail mengantarkan berkas para caleg di Kantor KPUD, Jalan Tinaloga, Kota Gorontalo, Minggu (21/04/2013) pukul 15.00 WITA.

"Kita pilih hari ini untuk mendaftar salah satunya karena bertepatan dengan momentum Hari Kartini. Dalam tradisi masyarakat Gorontalo, hari ini juga terhitung sebagai hari baik," ujar Gusnar yang merupakan mantan Gubernur Gorontalo ini.

Untuk DPRD Provinsi Gorontalo, Demokrat mengusung 45 nama caleg, terdiri dari 29 laki-laki, dan 16 perempuan. Gusnar merasa tidak mengalami kesulitan memenuhi kuota 30 persen caleg perempuan.

"Kader internal cukup banyak. Kader-kader dari luar partai juga banyak yang tertarik menjadi caleg Demokrat, sehingga kami harus melakukan seleksi yang lebih kualitatif untuk memenuhi kuota 30 persen perempuan," ungkap Gusnar yang optimistis meraih 20 kursi untuk DPRD Provinsi Gorontalo.

Mengomentari minimnya jumlah partai yang memasukkan DCS hingga sehari menjelang penutupan pendaftaran, anggota KPUD Gorontalo, Verrianto Madjowa berpendapat seharusnya partai-partai memanfaatkan waktu yang ada untuk selekasnya memasukkan DCS. "Apalagi hampir setiap partai datang dengan massa yang banyak dan dengan prosesi adat," kata Verrianto.

Namun Verrianto dan koleganya di KPUD Gorontalo memaklumi keterlambatan partai-partai memasukkan berkas. Adanya proses seleksi bakal caleg di internal masing-masing partai ditengarai sebagai alasan keterlambatan ini.

Rencananya besok akan ada 11 partai yang mendaftar serentak. "Pukul 9, PPP, PKS dan PKPI. Pukul 10 Partai Golkar, PAN, Hanura. Pukul 11 ada PBB. Pukul satu siang PKB dan Nasdem," ungkap Verrianto.

Sebagai antisipasi, KPUD Gorontalo telah membentuk beberapa tim untuk menerima partai-partai pendaftar. "Satu tim akan menangani dua sampai tiga partai," ujar Verrianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com