Kompas.com - 22/04/2013, 13:25 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo optimistis upayanya menertibkan bangunan di lahan Waduk Pluit tak akan terganjal organisasi kemasyarakatan (ormas). Dengan pendekatan yang baik, ia yakin proses penertiban itu akan berlangsung lancar tanpa menimbulkan friksi dengan ormas-ormas tertentu.

"Pendekatan, kan, bisa pelan-pelan. Tadi pagi saya dapat laporan langsung dari warga, enggak ada masalah," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Senin (22/4/2013).

Jokowi menegaskan, masalah tak akan muncul jika penertiban dilakukan bersamaan dengan pemberian solusi. Khusus untuk warga yang tinggal di atas lahan Waduk Pluit, Jokowi siap merelokasinya ke Rumah Susun Marunda, Jakarta Utara.

Diberitakan sebelumnya, penertiban bangunan di atas lahan Waduk Pluit terus dilakukan. Kondisi waduk yang sebelumnya nyaris tak terlihat, kini semakin tampak setelah proses penertiban dilakukan.

Namun, sejumlah warga yang rumahnya belum ditertibkan mencoba "membentengi" diri dengan cara memasang bendera ormas tertentu di depan rumahnya. Alasan pemasangan atribut ormas itu untuk memberikan rasa aman dan terbebas dari upaya penertiban.

Saat ini, lebih dari 50-an bangunan di lokasi itu telah diratakan dengan tanah. Penghuninya dipindahkan ke Rumah Susun Buddha Tzu Chi.

Di rumah-rumah warga di Taman Burung, Pluit, terpasang bendera ormas berwarna putih. Pada bendera tersebut terdapat lambang Garuda dengan kedua sayap berwarna merah. Pada bendera tersebut tertulis Gerakan Rakyat Indonesia Baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.