Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lambatnya DPRD Bikin Jokowi Gemas

Kompas.com - 22/04/2013, 13:41 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gemas karena belum mendapat jawaban, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kembali melayangkan surat kepada DPRD DKI Jakarta. Surat tersebut terkait dengan rekomendasi beberapa bakal calon wali kota yang saat ini sedang kosong.

Pria yang akrab disapa Jokowi ini mengungkapkan, ia telah mengirimkan surat terkait masalah tersebut kepada legislatif sekitar dua bulan lalu. Namun, hingga kini dirinya belum mendapatkan jawaban.

"Ini sudah saya layangkan lagi surat yang kedua agar kami segera diberikan hasil pertimbangan," kata Jokowi, Senin (22/4/2013), di Balaikota Jakarta.

Kepada wartawan, Jokowi mengaku tak mengatahui alasan yang melatarbelakangi DPRD belum memberikan jawaban. Ia tetap akan menunggu karena sesuai aturan, pihak legislatif berhak memberi pertimbangan sebelum wali kota yang baru diputuskan.

"Jangan tanya saya, enggak tahu kenapa. Etika saya masih menyurati lagi yang kedua," ujarnya.

Saat ini, dua jabatan wali kota di Jakarta dalam posisi kosong, yakni Wali Kota Jakarta Selatan Wali Kota Jakarta Barat.

Secara terpisah, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana menyampaikan, pihaknya belum memberikan jawaban karena belum sempat membahas pengajuan nama bakal calon wali kota yang diajukan. Ia berjanji akan mempercepat proses pemilihan jabatan wali kota tersebut.

"Belum sempat dibahas, nanti kami bahas disetujui atau tidak. Kalau nama yang rekomendasikan tidak disetujui, akan dicari nama lainnya," kata Triwisaksana.

Sementara waktu, kekosongan jabatan wali kota diisi oleh pelaksana tugas (Plt) untuk masing-masing wilayah. Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor ditunjuk sebagai Plt Wali Kota Jakarta Selatan. Sementara untuk wilayah Jakarta Barat, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Sylviana Murni ditunjuk sebagai Plt Wali Kota Jakarta Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com