Kompas.com - 22/04/2013, 20:41 WIB
|
EditorFarid Assifa

BIREUEN, KOMPAS.com — Lahan seluas 25 hektar di kawasan Cot Gajah Eh, Desa Tanjong Beuridi, Kecamatan Peusangan Selatan, Kabupaten Bireuen, yang dulunya ladang ganja kini dijadikan kebun pisang oleh petani setempat. Hasil "alih fungsi" lahan ini cukup berhasil.

Lahan itu mampu menghasilkan pisang berkualitas bagus. Hal tersebut terlihat dari panen perdana pisang yang digelar di Peusangan Selatan, Bireuen, Senin (22/4/2013).

Penanaman pohon pisang ini merupakan program alternatif pemberdayaan ekonomi masyarakat gampong yang dijalankan 25 petani Peusangan Selatan. "Program ini membina 25 petani dengan luasan lahan mencapai 25 hektar, bekas ladang ganja yang ditemukan aparat kepolisian," ungkap Ketua Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, Drs H Saidan Nafi, Senin.

Menurutnya, dari awal penanaman sampai panen pisang diawasi oleh tim monitoring dari Universitah Syiah Kuala. Juga tim fasilitator di tiap-tiap desa. Selain pisang, kata Saidan, pihaknya berencana memberi bantuan bibit karet kepada petani di sejumlah desa guna menggenjot perekonomian mereka yang terpuruk selama ini.

"Ini contoh program membangun ekonomi rakyat, sudah saatnya lahan alih fungsi atau kosong ditanami pisang ditumpang sari dengan tanaman karet," kata Saidan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.