Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Warga Petukangan Tak Saling Memanasi

Kompas.com - 24/04/2013, 14:51 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meminta semua warga di Kelurahan Petukangan Selatan, Jakarta Selatan, tidak saling mengibaskan suasana panas dalam proses pembebasan lahan dan penentuan harga ganti rugi terkait pembangunan Tol JORR-W2. Ia menjamin semua bisa diselesaikan dengan baik, tanpa ada yang dirugikan.

"Jalan tol ini kepentingan jutaan orang. Saya minta jangan saling mengompori, khususnya mereka yang bukan warga setempat. Kita selesaikan dikit-dikit, semua senang, dan warga di sini mendapat pahala," kata Jokowi saat audiensi bersama warga Petukangan Selatan, di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (24/4/2013).

Mantan Wali Kota Surakarta ini menjelaskan, proyek jalan tol tersebut dikerjakan oleh BUMD dan BUMN. Dia menegaskan tak ingin ikut campur terlalu jauh, khususnya untuk menentukan harga ganti rugi.

Proyek tersebut, kata dia, melibatkan ribuan lahan warga. Sebelumnya, proses ganti rugi telah diselesaikan untuk 1.019 warga, dan saat ini masih ada 140 warga yang lahannya belum dibebaskan.

Harga untuk ganti rugi lahan sebelumnya cukup bervariasi, tetapi umumnya dihargai Rp 500.000 per meter persegi. Di sisi lain, warga menuntut harganya dilipatgandakan menjadi Rp 2 juta sampai Rp 5 juta per meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com