Kompas.com - 25/04/2013, 15:59 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Petugas dari Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur lagi-lagi absen dalam musibah ambruknya sebuah pohon angsana di wilayahnya. Setelah pada Rabu (24/4/2013) kemarin tidak hadir saat pohon menimpa tiga bangunan di Bidaracina, Jatinegara, Sudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur kembali tak terlihat saat sebuah pohon menimpa tiga unit motor di tepi Jalan Letjen Sutoyo, Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (25/4/2013) siang.

Dahlan, Kasi Pemerintahan dan Ketertiban Kelurahan Cililitan, mengungkapkan, kejadian ambruknya pohon jenis angsana itu terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Seusai kejadian, dia pun langsung melakukan komunikasi dengan pihak terkait, mulai dari lurah, sekretaris camat, hingga Sudin Pertamanan dan Pemakaman Jaktim.

"Tapi sampai sekarang, lihat saja yang melakukan evakuasi pohon siapa. Dari PGC turun, Dishub turun, Satpol PP kelurahan, Polsek, Sudin Pertamanan dan Pemakanan mana?" ujarnya kepada Kompas.com dua jam seusai insiden itu.

Menurut Dahlan, semua pohon di tepi jalan yang ada di Jakarta Timur merupakan tanggung jawab Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur. Oleh sebab itu, jika ada kejadian yang terkait dengan pohon tersebut, petugas Sudin wajib melakukan penanganan tersendiri.

Berdasarkan informasi dari Sekretaris Camat Kramat Jati, kata Dahlan, petugas dari Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur telah diberitahu melalui sambungan telepon. Namun, Dahlan mengaku tak mengerti mengapa petugas yang berwenang tidak kunjung datang.

"Memang dikenal lamban, mau bagaimana lagi kami. Mendingan apa yang kami bisa lakukan sendiri, ya kami lakukan, walaupun bukan wewenang kami. Demi masyarakat umum lah," ujar Dahlan.

Pantauan Kompas.com, hingga sekitar pukul 15.00 WIB, pohon serta tiang rambu-rambu lalu lintas yang ambruk berhasil dipindahkan ke tepi jalan. Namun, hingga saat itu pula, tidak tampak satu pun petugas dari Sudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur di lokasi kejadian.

Pohon jenis angsana tersebut ambruk sekitar pukul 13.30 WIB setelah angin kencang dan hujan deras melanda daerah Jakarta Timur. Ambrukan pohon menimpa sebuah tiang rambu lalu lintas yang akhirnya juga ikut ambruk. Meski tak ada korban jiwa, sebanyak tiga unit motor tertimpa pohon.

Berita terkait, baca:

HUJAN DAN POHON TUMBANG

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.