Kompas.com - 25/04/2013, 19:34 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan serta angin kencang yang melanda Jakarta Timur, Kamis (25/4/2013) siang, menyebabkan sejumlah pohon bertumbangan. Tercatat ada 42 titik pohon tumbang yang terjadi di Jakarta Timur.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur, Tuti Erwina mengungkapkan, 42 titik tersebut terdiri dari satu titik di Kecamatan Pasar Rebo, satu titik di Kecamatan Kramat Jati dan 40 titik di Kecamatan Pulogadung.

"Penyebabnya saya belum memastikan. Tapi sejauh ini laporan dari lapangan menyebut karena adanya angin puting beliung," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis petang.

Tuti membantah jika adanya pohon keropos dan lapuk sebagai penyebab tumbangnya pohon itu. Pasalnya, pihaknya telah memprogramkan setiap tahun melakukan toping atau pemangkasan dahan yang terlalu lebar dan keropos. Hal itu pun diakui Tuti, telah dilaksanakan secara berkala.

Tuti mengungkapkan, jika ada pihak-pihak yang mengalami kerugian atas insiden tumbangnya pohon tersebut, dapat melakukan klaim ke Sudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur. Tuti mengungkapkan, akan memberikan kompensasi sesuai dengan peraturan yang berlaku di DKI.

Ditemui di salah satu lokasi pohon yang tumbang, Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Timur, Mulyanto, mengungkapkan, pihaknya telah menyebar personelnya di titik-titik itu. Para personelnya dinstruksikan membantu evakuasi pemotongan pohon-pohon tersebut.

"Evakuasi kami lakukan dengan menggunakan gergaji mesin. Sejauh ini juga belum ada laporan korban jiwa di wilayah Jakarta Timur," ujarnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X