Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diamuk Puting Beliung, Pohon di Jaktim Bertumbangan

Kompas.com - 25/04/2013, 19:34 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan serta angin kencang yang melanda Jakarta Timur, Kamis (25/4/2013) siang, menyebabkan sejumlah pohon bertumbangan. Tercatat ada 42 titik pohon tumbang yang terjadi di Jakarta Timur.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur, Tuti Erwina mengungkapkan, 42 titik tersebut terdiri dari satu titik di Kecamatan Pasar Rebo, satu titik di Kecamatan Kramat Jati dan 40 titik di Kecamatan Pulogadung.

"Penyebabnya saya belum memastikan. Tapi sejauh ini laporan dari lapangan menyebut karena adanya angin puting beliung," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis petang.

Tuti membantah jika adanya pohon keropos dan lapuk sebagai penyebab tumbangnya pohon itu. Pasalnya, pihaknya telah memprogramkan setiap tahun melakukan toping atau pemangkasan dahan yang terlalu lebar dan keropos. Hal itu pun diakui Tuti, telah dilaksanakan secara berkala.

Tuti mengungkapkan, jika ada pihak-pihak yang mengalami kerugian atas insiden tumbangnya pohon tersebut, dapat melakukan klaim ke Sudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Timur. Tuti mengungkapkan, akan memberikan kompensasi sesuai dengan peraturan yang berlaku di DKI.

Ditemui di salah satu lokasi pohon yang tumbang, Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Timur, Mulyanto, mengungkapkan, pihaknya telah menyebar personelnya di titik-titik itu. Para personelnya dinstruksikan membantu evakuasi pemotongan pohon-pohon tersebut.

"Evakuasi kami lakukan dengan menggunakan gergaji mesin. Sejauh ini juga belum ada laporan korban jiwa di wilayah Jakarta Timur," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com