Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Ujian Lelang Jabatan Dianggap Mudah

Kompas.com - 27/04/2013, 11:35 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Soal ujian dalam uji kompetensi bidang di seleksi dan promosi terbuka atau lelang jabatan dianggap mudah. Peserta mampu menyelesaikan seluruh soal yang diberikan sebelum waktu ujian berakhir.

"Soalnya mudah, saya selesai lebih cepat dari waktu yang disediakan," kata Fini Amrani (40), peserta ujian yang membidik posisi lurah, saat ditemui di lokasi ujian, SMAN 70, Jakarta Selatan, Sabtu (27/4/2013).

Fini saat ini merupakan salah seorang staf di Bappeda DKI Jakarta. Ia mengaku dapat menyelesaikan 60 butir soal yang diberikan karena telah bersiap diri sebelumnya. Soal diberikan dalam bentuk pilihan ganda dan materinya menyangkut soal-soal pemerintahan dan tugas pokok lurah.

Wanita yang telah menjadi PNS DKI selama 14 tahun ini mengaku tertarik mengikuti lelang dan membidik posisi lurah dengan alasan ingin lebih dekat menyentuh masyarakat. Dia siap mengikuti ritme kerja Gubernur Joko Widodo, dan bila terpilih, dia siap ditempatkan di seluruh wilayah Jakarta.

"Saya siap, saya optimis. Saya sudah persiapkan sebelumnya," ujar warga Ciganjur, Jakarta Selatan, ini.

Lelang jabatan merupakan terobosan yang dilakukan oleh Joko Widodo. Tujuannya untuk menyaring pejabat yang memiliki kompetensi dan semangat melayani rakyat. Proses seleksi telah memasuki tahap uji kompetensi bidang. Sebanyak 1.118 peserta mengikuti ujian di delapan sekolah berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com