Kompas.com - 27/04/2013, 14:52 WIB
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta memperkenankan Lurah Bintaro Lasimin mengikuti uji kompetensi bidang dalam proses seleksi terbuka jabatan atau lelang jabatan lurah dan camat pada 27-28 April. Lasimin sebetulnya sempat dinyatakan gugur karena dinyatakan tak lulus proses pendaftaran online yang diumumkan pekan lalu.

Kepala BKD DKI Jakarta I Made Karmayoga mengatakan, telah memanggil Lasimin beberapa waktu lalu untuk mengonfirmasi hal tersebut. Ia mengatakan, Lasimin sebetulnya pernah mendaftarkan diri ikut dalam lelang jabatan. Namun, ia mendaftar pada 7 April, sedangkan pendaftaran resmi baru dimulai tanggal 8 April pukul 10.00.

BKD DKI mengambil keputusan mengikutsertakan Lasimin dalam proses seleksi lurah dan camat dengan sejumlah pertimbangan. "Panitia mempertimbangkan yang bersangkutan gagap teknologi (gaptek), sehingga terlalu bersemangat mendahului pendaftaran, padahal pendaftaran belum dibuka. Kami juga mempertimbangkan yang bersangkutan berstatus PNS sudah lama dan pejabat definitif," ujar Made kepada beritajakarta.com, Sabtu (27/4/2013).

Hari ini proses ujian kompetensi bidang untuk jabatan lurah telah dimulai di delapan sekolah yang ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan ujian. Made mengatakan, tahap pertama penyelenggaraan ujian lelang jabatan pagi tadi berjalan lancar. Lasimin juga mengikuti ujian. Ujian besok dilakukan untuk posisi camat.

"Yang diujikan meliputi pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, wilayah, perencanaan program, dan sebagainya," kata MAde.

Tahap kedua seleksi lurah dan camat akan digelar pada 4-11 Juni mendatang. Tes ini meliputi ujian kompetensi manajerial, yakni psikotes, diskusi kelompok, paparan, paper kecil, dan sebagainya. Jika lolos, peserta masih akan menjalani tes ketiga, termasuk uji kesehatan.

"Pelantikan lurah dan camat diumumkan pada 21 Juni 2013, setelah melalui proses sidang Dewan Jabatan. BKD DKI sebatas menggelar tahapan seleksi lurah dan camat. Keputusan lulus atau tidaknya merupakan kewenangan Baperjakat DKI," ujar Made.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.