Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Seharusnya Peserta Lelang Lolos Semua

Kompas.com - 29/04/2013, 14:16 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Joko Widodo puas atas pelaksanaan uji kompetensi bidang dalam seleksi dan promosi terbuka atau lelang jabatan. Dengan memberikan soal yang familiar dilakukan oleh pamong setingkat lurah dan camat, mantan Wali Kota Surakarta ini yakin semua peserta ujian bisa lulus tes kompetensi bidang tersebut.

"Soal itu tentang keseharian mereka, pertanyaan yang sehari-hari mereka lakukan. Memang enggak ada kesulitan, harusnya kan lolos semua," kata Gubernur DKI Jakarta ini di Balaikota Jakarta, Senin (29/4/2013).

Untuk diketahui, sejumlah peserta uji kompetensi bidang untuk posisi lurah dan camat menganggap soal ujian sangat mudah. Saking mudahnya, bahkan ada yang menyelesaikan 60 butir soal lebih cepat dari waktu 60 menit yang diberikan.

Uji kompetensi bidang telah selesai digelar pada 27-28 April kemarin. Dari total 1.118 peserta, sekitar 80 di antaranya diketahui tak ikut ujian dengan berbagai alasan.

Jokowi menyampaikan, setelah lolos ujian ini, para peserta akan memasuki babak baru. Sekitar dua sampai tiga tes berikutnya sudah menanti. Dan, pada akhirnya para peserta yang lolos melewati tahap demi tahap akan bertemu langsung dengan Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama untuk presentasi visi serta misi, sekaligus wawancara.

"Itu kan masih ribuan, nanti kalau pesertanya sudah semakin tipis, baru saya lihat," ujarnya.

Proses lelang jabatan digelar dengan terbuka, bertahap, dan dilakukan pendampingan. Ujian dalam sistem ini juga tak hanya mencakup uji wawasan dan uji kompetensi bidang, tetapi juga wajib mengikuti psikotes dan tes kepribadian.

Proses lelang akan ditentukan oleh hasil ujian. Pemerintah Provinsi DKI menjamin tak ada seorang pun calon yang menjadi prioritas dalam proses lelang jabatan ini.

Ada tiga hal yang wajib dimiliki oleh para kandidat, yakni responsif pada masalah di lapangan, memiliki kompetensi dan kemampuan analisis sosial, serta memiliki jiwa kepemimpinan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com