Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Satpol PP Harus Tegas, tetapi Manusiawi

Kompas.com - 30/04/2013, 11:13 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Basuki Tjahaja Purnama meminta personel Satpol PP DKI harus tegas dalam menjalankan Peraturan Daerah (Perda), tetapi tetap menjunjung tinggi rasa kemanusiaan. Selain itu, Satpol PP harus mampu mencari solusi dari permasalahan ketertiban umum yang dihadapi di Ibu Kota.

"Satpol PP itu harus tegas, tetapi manusiawi. Tapi, kita tidak akan kompromi terhadap pelanggaran hukum," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta dalam apel besar Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) DKI Jakarta di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Selasa (30/4/2013).

Dicontohkan Basuki, permasalahan pedagang kaki lima (PKL) semakin menjamur di Jakarta. Satpol PP harus mencari lahan yang dapat dibeli Pemprov DKI untuk dijadikan tempat berdagang secara resmi oleh para PKL.

"Karena prinsip PKL itu kan sederhana. Dia harus mendekatkan diri ke tempat ramai dan tempat yang terbaik itu ya dipinggir jalan, tapi di satu pihak juga mengganggu ketertiban umum."

"Nah, kita harus carikan tempatnya untuk kita pindahkan. Tetapi, kalau yang bandel, mau tidak mau harus digusur," ujar Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com